Atasi HP Lemot dengan 5 Aplikasi Android Anti Lag Ini


ANDROIDBARU.COM - Smartphone Android seakan sudah menjadi rumah digital bagi sebagian besar pengguna. Pasalnya hampir semua aktivitas bisa Anda lakukan melalui ponsel Android seperti bekerja, berkomunikasi, menyimpan data atau sekedar bermain game. Namun karena keterbatasan spesifikasi ponsel, seringkali kita dibuat kesal karena HP yang lemot atau sering hang. Untuk ponsel Android dengan kapasitas RAM rendah, memang tidak disarankan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat karena lebih rawan terjadi lag.

Lalu, adakah solusi untuk mencegah HP dari lag? Jangan khawatir, para developer baru-baru ini sudah mengembangkan aplikasi Android anti lag yang bisa Anda gunakan untuk mencegah ponsel yang mudah lemot. Aplikasi seperti ini sangat berguna untuk Anda yang memiliki hobi bermain game yang berat dengan kualitas HD tinggi. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap 5 aplikasi Android anti lag untuk atasi ponsel yang lemot.

Atasi HP Lemot dengan 5 Aplikasi Android Anti Lag Ini


1. SD Maid

Adanya penumpukan cache di memori internal ponsel Android bisa menjadi salah satu pemicu kerja HP yang lemot atau mudah lag. Cache memang sering dianggap sepele bagi para pengguna Android. Padahal jika terus dibiarkan, cache akan terus menumpuk dan mengurangi kinerja ponsel. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi keluhan ini adalah SD Maid. Aplikasi ini berguna untuk membersihkan cache di memori ponsel dengan beberapa fitur lainnya. SD Maid membantu Anda untuk membersihkan ponsel dari file-file sampah yang tidak berguna.

Aplikasi Android anti lag ini memiliki fitur yang dapat menemukan file yang sama atau identik dan menyarankan Anda untuk menghapusnya. Tujuannya agar memori internal tidak terlalu banyak digunakan. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah tampilannya yang user friendly, sehingga mudah dan nyaman digunakan untuk pengguna awam. Namun jika ingin menggunakan aplikasi ini untuk mengakses local storage, maka Anda perlu melakukan root pada ponsel terlebih dahulu. Versi pro dari aplikasi ini dapat bekerja secara otomatis untuk membersihkan ponsel Anda.

2. Files Go (Beta)

Mirip dengan aplikasi yang sebelumnya, Files Go sebagai aplikasi besutan Google memiliki cara kerja untuk membersihkan ponsel Anda dari sampah-sampah yang tidak berguna. Sampah yang menumpuk di memori internal ponsel memang menjadi salah satu penyebab ponsel sering mengalami lag. Oleh karena itu, Anda bisa manfaatkan aplikasi ini sebagai file manager di ponsel Anda dan menjaga kondisi RAM tetap prima. Aplikasi ini bekerja dengan memonitor pemakaian aplikasi yang terinstal dan menyarankan Anda untuk melakukan uninstall pada aplikasi yang menyebabkan ponsel lemot.

Secara otomatis, Files Go akan memberi notifikasi untuk Anda jika memori ponsel sudah menippis. Kerennya lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur mirip AirDrop di iOS untuk transfer data melalui Bluetooth atau WiFi direct. Akan tetapi karena aplikasi ini masih dalam tahap Beta, sehingga masih banyak bug-nya.

3. CCleaner

Mungkin banyak pengguna yang sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. Awalnya aplikasi ini memang dibuat untuk versi desktop saja, namun sekarang Anda bisa menggunakannya di ponsel Android. CCleaner dibuat sebagai pembersih cache dan storage di ponsel Anda. Bisa dibilang aplikasi ini sangat ampuh untuk mengatasi ponsel yang suka lag atau lemot akibat keterbatasan memori. Apa kelebihan dari aplikasi ini? Menariknya, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan uninstall pada aplikasi bawaan ponsel atau yang disebut bloatware tanpa perlu akses root. Dengan fitur ini, Anda dapat meningkatkan kapasitas memori internal dengan menghapus aplikasi-aplikasi sistem yang tidak digunakan.

4. CM GameBooster

Untuk Anda yang hobi bermain game berat di ponsel Android, Anda bisa memanfaatkan CM GameBooster sebagai aplikasi Android anti lag. Aplikasi memang dikhususkan untuk mengatasi HP lag akibat bermain game yang berat seperti Mobile Legends yang sedang booming. Aplikasi ini bekerja dengan meningkatkan kecepatan aplikasi game Anda hingga 30% lebih cepat. So, dijamin aktivitas bermain game Anda tidak akan terusik dengan aplikasi ini.

5. Game Booster Perform-Max

Selain CM GameBooster, Anda juga bisa gunakan aplikasi ini untuk memaksimalkan kinerja ponsel saat bermain game. Aktivitas bermain game Anda menjadi lebih ringan, cepat dan anti lag. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa membuat controller atau semacam gamepad agar lebih responsif. Jadi, untuk aplikasi Android anti lag yang ini sangat recommended untuk Anda yang menyukai game-game yang membutuhkan controller cepat.

Demikian informasi tentang 5 aplikasi Android anti lag yang bisa Anda gunakan. Pada intinya, jika Anda tidak ingin kinerja ponsel menurun atau sering mengalami lag, sering-sering mengontrol kondisi memori RAM. Semoga bermanfaat.
Banner iklan disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel