Aplikasi UC Browser Mini : Browser Cepat Masa Kini


ANDROIDBARU.COM - Aplikasi UC Browser tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna Android. Pasalnya, aplikasi dari negeri tirai bambu ini dianggap memiliki performa yang tinggi dibandingkan browser lainnya. Bahkan, aplikasi ini memiliki fitur yang paling lengkap dibandingkan browser pada umumnya. Kepopuleran UC Browser di kalangan masyarakat telah menjadi pemicu dikembangkannya aplikasi UC Browser Mini untuk menghemat RAM Anda. Nah, kira-kira seperti apakah UC browser versi sederhana ini?

Spesifikasi Aplikasi UC Browser Mini

Karena memiliki imbuhan kata “mini” di belakang nama aplikasi, tentunya aplikasi UC Browser versi sederhana ini memiliki perbedaan dengan versi asli atau normalnya. Biasanya, versi sederhana selalu dibuat dengan size yang kecil dengan fitur yang lebih sederhana namun tetap bisa memuaskan penggunanya. Bahkan, aplikasi berbasis mini ini biasanya tidak menyedot banyak data sehingga memiliki performa yang lebih cepat dan dapat dijalankan meskipun kondisi jaringan tidak stabil.

Aplikasi UC Browser Mini merupakan bagian dari UCWeb Inc yang berpusat di Beijing, China. Aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi sederhana yang paling ringan dengan ukuran APK sebesar 2.8 MB. Aplikasi yang diluncurkan sejak Agustus 2004 ini dapat digunakan dengan 8 bahasa yang berbeda yaitu Inggris, Indonesia, Tionghoa, Rusia, Portugis, Perancis, Spanyol dan Vietnam.

Aplikasi peramban web ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore dengan versi terbarunya yaitu UC Browser Mini 10.3 yang diluncurkan pada Agustus 2015 lalu. Aplikasi ini sengaja dibuat untuk pengguna Android yang memiliki spesifikasi rendah dengan ruang penyimpanan yang terbatas agar tetap bisa menikmati layanan UC Browser.

Kelebihan Aplikasi UC Browser Mini

  • Memiliki ukuran yang kecil dan ringan sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar.
  • Memiliki fitur pemutar multimedia seperti musik maupun video secara langsung melalui browser.
  • Aplikasi ini menyediakan mode browsing cepat sehingga proses jelajah web Anda akan semakin lancar. Selain itu, dengan adanya fasilitas ini maka pengguna dapat melakukan penghematan data hingga 90%.
  • Aplikasi ini memiliki fitur penyamaran atau mode incognito browsing yang berfungsi untuk menonaktifkan penyimpanan history browser pada aplikasi. Jadi, meskipun Anda menjelajah ke banyak halaman tidak akan tersimpan di riwayat penjelajahan. Oleh sebab itu, para operator nakal tidak akan bisa menjual history browser tersebut. Mode incognito ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai selera pengguna.
  • Aplikasi UC Browser versi sederhana ini menyediakan fitur modus malam (night mode). Dengan mengaktifkan modus ini, Anda bisa tetap menggunakan aplikasi tersebut dengan layar Android dalam keadaan mati. Hal ini akan sangat membantu penggunanya untuk tetap menjaga kesehatan mata dari radiasi lampu layar Android ketika mambaca di menjelajah di malam hari.
  • Aplikasi ini mensupport unduhan yang dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Selain itu, aplikasi UC Browser versi ringan ini juga dapat tetap melangsungkan unduhannya meskipun Anda telah keluar dari browser. Jadi, pengguna tetap bisa mendowload dengan melakukan aktivitas lainnya.
  • Aplikasi UC Browser memiliki vitur auto rekoneksi setiap melakukan unduhan (download).
  • Aplikasi ini memiliki fiturscan QR Code (kode QR) yang bisa dilakukan secara langsung menggunakan UC Browser.
  • UC Browser Mini dilengkapi dengan fasilitas kontrol video saat melakukan pemutaran video secara langsung melalui browser. Fasilitas kontrol video tersebut meliputi pengaturan volume, kecerahan serta kemajuan video.
  • Memiliki fasilitas smart downloading sehingga pengguna dapat mengelola unduhannya seperti mempause, meneruskan atau menghentikannya. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas unduh ulang jika mengalami kegagalan.
  • Aplikasi UC Mini memberikan beberapa opsi cepat pada halaman utamanya seperti website untuk media sosial, youtube maupun online shop untuk memudahkan penggunanya.
  • Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Data Usage yang akan menampilkan informasi penggunaan data dan berapa banyak data yang telah dikompress.
  • Aplikasi ini menyediakan fitur pencarian suara untuk mempermudah dan mempercepat pencariannya.
  • Aplikasi ini memiliki fitur penyimpanan (UDisk) gratis yang bisa digunakan kapan saja. Namun, UDisk ini memiliki ukuran yang terbatas yaitu sebesar 6 GB.

Kekurangan Aplikasi UC Browser Mini

  • Aplikasi ini hanya tersedia untuk versi Android sehingga tidak bisa dipasang pada platform lainnya seperti komputer, Blackberry maupun iOS.
  • Aplikasi UC Browser Mini tidak dilengkapi dengan fitur ADblock seperti aplikasi UC Browser normalnya. Sehingga browser tidak dapat memblok laman yang berisikan banyak iklan.
  • Fitur-fitur yang dimiliki oleh UC Browser Mini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi UC Browser. Hanya saja, aplikasi UC mini tidak dilengkapi dengan adanya UC News sehingga tidak ada berita-berita dari berbagai bidang yang sering kita lihat pada UC Browser versi normalnya.
Nah, itulah tadi seputar informasi lengkap terkait aplikasi UC Browser Mini. Dari kelebihan dan kekurangan yang telah disebutkan, apakah aplikasi ini tetap menjadi pilihan favorit Anda?
Banner iklan disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel